Selasa, 06 September 2016

Bagaimana Seharusnya Menangani Produk susu ?



Seringkali kasus keracunan pangan justru terjadi akibat kesalahan penanganan di tingkat pengguna. Berikut adalah beberapa tips yang bisa digunakan untuk menangani produk susu:


1. Pilih bahan baku atau susu berkualitas baik
Untuk menghasilkan produk bermutu tinggi dan aman, maka bahan bakunya juga dipastikan harus berkualitas. Jika menggunakan suplier, pastikan produk yang diinginkan telah sesuai dengan spesifikasi dan standar. Sedangkan jika membeli di pasar, pastikan sifat fisik produk tidak menyimpang, kemasan dalam kondisi bagus, dan memiliki umur simpan yang cukup hingga habis digunakan.

2. Baca petunjuk penyimpanan dan penggunaan
Hal terpenting lainnya adalah membaca petunjuk penyimpanan dan penggunaan yang biasanya tertera pada label. Pastikan bahwa penyimpanan dan penggunaan produk telah sesuai dengan petunjuk tersebut. Misalnya, padasuhu berapa susu harus disimpan atau digunakan.

3. Jaga kebersihan peralatan dan personil
Seringkali kontaminasi silang terjadi melalui peralatan dan personil. Oleh sebab itu, kebersihan peralatan dan personil harus dijaga, terutama bagi yang kontak langsung dengan susu. Jika diperlukan, lakukan audit secara berkala.

4. Cegah temperature abuse
Tidak jarang kita sudah merasa bahwa produk disimpan pada suhu yang benar. Namun
kenyataannya suhu tersebut tidak tercapai (terjadi temperature abuse). Hal ini bisa terjadi
karena beberapa faktor, seperti buka tutup lemari pendingin yang terlalu sering, lemari pendingin yang melebihi kapasitas, atau termometer yang bekerja kurang baik. Untuk mengatasi hal tersebut, maka pastikan lemari pendingin dalam kondisi baik dan sesuai kapasitas, tidak membuka-tutup lemari pendingin terlalu sering, serta mengkalibrasi termometer secara rutin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar