Selasa, 30 September 2014

AKAFARMA PUTRA INDONESIA MALANG GELAR WISUDA

MALANG – Putra Indonesia Malang (PIM) menggelar wisuda bagi 139 mahasiswa hari ini, (27/9/14) di Hotel Harris. Wisudawan terdiri dari 38 mahasiswa Akafarma dan 101 mahasiswa Akfar.
Menurut Ketua Panitia Wisuda Tahun Ajaran 2013/2014, Kiantoro, prosesi wisuda akan ditandai dengan sumpah wisudawan yang dipimpin Direktur Akafarma dan Direktur Akfar.
“Prosesi wisuda ini akan ditandai juga dengan pembagian salinan ijazah kepada lulusan dan disaksikan oleh Persatuan Ahli Farmasi Indonesia,” ujar Kiantoro kepada Malang Post.
Menurut Kian, panggilan akrab Kiantoro, sejumlah tamu akan hadir dalam wisuda kali ini. diantaranya dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, industri yang bekerjasama dengan PIM, apotek, rumah sakit, dan perusahaan.
Acara lainnya yang akan disuguhkan adalah penyerahan penghargaan kepada mahasiswa terbaik PIM. Diantaranya peraih IPK tertinggi, prestasi non akademik, dan pemenang program kreativitas mahasiswa (PKM). Orasi ilmiah juga akan dipersembahkan oleh calon wisudan Akfra yakni Retno Purbaningrum.
Selain acara resmi wisuda, PIM juga akan menampilkan sejumlah hiburan. Yakni penampilkan UKM yang ada di PIM diantaranya tari, musik, dan paduan suara mahasiswa. Yang unik adalah penampilan stand up comedy dengan membawakan tema Pelayanan Kefarmasian. Acara ini digelar bekerjasama dengan komunitas stand up comedy Malang.
Menurutnya, prosesi wisuda yang ditampilkan oleh PIM bermaksud untuk mengangkat nilai-nilai tradisi yang tercermin dari hiburan tari, paduan suara dan lagu daerah.
Sementara itu pada Kamis (25/9/14), PIM menggelar job fair untuk calon wisudawan, alumni dan mahasiswa. Ada sedikitnya 100 lowongan kerja yang disiapkan oleh Viva Generic, Miracle, Apotek Sehat, Landson dan Interbat.
Sebenarnya, menurut Ketua Panitia Job Fair Teguh Zakaria, dari sekitar 139 calon wisudawan PIM yang akan diwisuda hari ini, sebanyak 50 persen sudah diterima kerja. Praktis hanya tersisa separuh saja yang memanfaatkan tawaran job fair kemarin.
”Ada 50 persen lebih calon wisudawan yang sudah bekerja sebelum job fair ini digelar, sehingga tidak semua lowongan kerja bisa dipenuhi,” ujarnya.
Diakuinya, PIM memiliki target untuk bisa mengantarkan semua mahasiswanya baik Akfar dan Akafarma, bekerja sebelum wisuda. Selain melalui job fair, mahasiswa diwadahi pula dalam kegiatan open rekrutmen yang dilaksanakan langsung di kampus. Karena tingginya kebutuhan dunia kerja bidang farmasi, menurut Teguh target 100 persen kerja sebelum lulus, bisa dipenuhi.
Secara umum posisi yang ditawarkan oleh perusahaan dalam job fair kemarin adalah produksi farmasi, asisten apoteker, pemasaran farmasi dan klinik kecantikan. Mahasiswa datang membawa lamaran dan sekaligus menggali informasi mengenai profil perusahaan. Kesempatan ini menurutnya tidak hanya diberikan kepada mahasiswa yang akan lulus saja, tetapi juga kepada mahasiswa semester V. Karena diharapkan mereka sudah mendapatkan gambaran lebih awal mengenai profil perusahaan yang akan mereka pilih untuk berkarir nantinya. (oci/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar