Senin, 14 November 2016

Seberapa Hebat Manfaat Ikan?




Badan Pengawas Obat dan Makanan Negara Amerika Serikat (FDA) baru-baru ini menyarankan agar masyarakat memperbanyak konsumsi ikan. Selain sumber pangan protein, ikan kaya akan gizi, terutama untuk membantu menjaga kesehatan otak. Selain itu, dikabarkan, konsumsi ikan dapat dapat membantu mencegah timbulnya alergi pada anak.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 25.000 anak, diketahui bahwa anak-anak yang lahir dari ibu yang mengonsumsi ikan dan seafood selama hamil memiliki perkembangan fisik dan otak yang lebih baik daripada yang tidak.Mengingat bahwa otak masih dalam tahap perkembangan, maka memberi seafood dan ikan pada bayi dan balita adalah hal baik.


Hal tersebut telah dibuktikan pada beberapa penelitian, bahwa minyak ikan, atau produk pangan yang mengandung omega 3 dapat membantu meringankan penyakit ADHD atau eczema. Mengonsumsi asam lemak esensial langsung dari ikan akan lebih baik bila dibandingkan dari suplemen


Ikan kaya gizi dan mengonsumsi ikan 2 kali seminggu sangat direkomendasikan, baik bagi orang dewasa maupun anak-anak. Ikan mengandung protein dalam jumlah cukup tinggi, sangat rendah lemak ‘jahat’ dan mengandung Essential Fatty Acid (EFA’s) yakni asam lemak Omega-3.

Jenis asam lemak Omega-3 yang terkandung dalam ikan adalah EPA dan DHA. Jenis asam lemak esensial dalam jumlah cukup tinggi ini tidak bisa ditemukan pada bahan pangan sumber proteinnya lainnya, baik di daging maupun pada tumbuh-tumbuhan.Asam lemak esensial yang terkandung pada ikan dan produk minyak ikan dapat membantu tubuh terhindar dari penyakit fisik dan mental.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar